Apa itu Sjogren's Syndrome ?

By. dokter dinis - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

Sjogren's Syndrome

 

Sjögren’s syndrome adalah penyakit autoimun sistemik yang menyerang jaringan kelenjar eksokrin yang menghasilkan cairan pelumas/pelembab seperti air mata, air liur dan keringat. Berbeda dengan kelenjar endokrin yang menghasilkan hormon dan langsung dikeluarkan ke pembuluh darah, kelenjar eksokrin memiliki saluran khusus untuk mengeluarkan produk esensialnya.

 

Sebagai akibat dari diserangnya kelenjar eksokrin tersebut, produksi cairan pelumas/pelembab tersebut menjadi kurang sehingga menimbulkan gejala mata kering, mulut kering yang bisa berdampak bibir kering dan pecah-pecah dan kulit kering. Kekeringan ini bisa berakibat infeksi atau iritasi sehingga perlu untuk diatasi. Namun, penyakit ini tidak hanya sebatas masalah kekeringan.

 

Sjögren's Syndrome Treatment Brisbane - Rheumatology.com.au

 

Penyakit ini bisa menyerang organ-organ serta sendi-sendi juga selain daripada kelenjar eksokrin. Sehingga terdapat gejala-gejala lain yang dapat dirasakan penyandang seperti gejala-gejala radang sendi, kesemutan dan/atau baal, fatigue, Raynaud’s phenomenon dan lainnya. Gejala-gejala lain ini mirip dengan gejala penyakit autoimun sistemik lainnya. Dikarenakan adanya gejala-gejala lain yang menyertai selain gejala spesifiknya menyebabkan penyandang biasanya telat atau salah di diagnosis. Gejala-gejala spesifik utamanya yaitu mata dan mulut kering biasanya tidak terlalu diindahkan oleh orang pada umumnya sehingga biasanya bukan menjadi keluhan utama penderita berobat.

 

Penyakit ini memang juga bisa muncul akibat penyakit autoimun lain seperti contohnya Lupus atau Rheumatoid arthritis yang dinamakan Secondary sjögren’s syndrome. Namun, penyakitnya juga bisa berdiri sendiri dan bukan akibat dari penyakit autoimun lain yang dinamakan Primary Sjögren’s Syndrome (pSS). Hal ini perlu diperhatikan karena dengan perjalanan penyakit dan pemicu yang berbeda bisa memberikan dampak yang berbeda serta penanganannya juga dapat berbeda.

 

Penanganan untuk penyakit ini umumnya adalah untuk menekan sistem imun serta mengatasi kekeringan yang terjadi. Untuk mata biasa digunakan tetes mata air mata buatan (artificial tears), untuk mulut bisa dengan banyak minum serta lip balm untuk bibir yang pecah-pecah, untuk kulit kering bisa menggunakan pelembab. Tidak ada kegawatdaruratan akut yang spesifik untuk penyakit ini, namun pada kasus berat bisa menyebabkan kegagalan organ yang membahayakan nyawa.

 

Pada sebagian kecil penyandang dengan Sjögren’s Syndrome muncul limfoma, yaitu kanker kelenjar getah bening. Menurut penelitian para ahli, munculnya limfoma tidak berhubungan dengan keparahan penyakit namun sepertinya ada pengaruh kerentanan genetik.





SSN Logo
Dokter Dinis
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...