Apa itu Penyakit Autoimun ?

By. dokter dinis - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

Kenali penyakit anda

Tentunya mau bagaimanapun juga anda tidak akan sayang dengan penyakit anda, tentu tidak ada seorangpun yang menginginkan dirinya menjadi sakit apalagi jika seumur hidup. Namun dengan mengenal penyakit anda, anda akan lebih bisa menerimanya dan hidup dengannya. Itu adalah langkah awal dalam penanganan penyakit anda.

 

Apa itu Autoimun ?

Penyakit autoimun adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan orang tersebut sendiri. Sistem kekebalan tubuh atau disebut sistem imun berfungsi untuk melindungi tubuh dari ‘ancaman’ yang dapat membahayakan tubuh seperti bakteri dan virus. Sistem imun pada penyandang autoimun tidak bisa membedakan antara jaringan sendiri dan ‘ancaman’, ‘self’ dan ‘nonself’. Terjadi error sehingga imunnya diaktifkan untuk melawan jaringan penyandangnya sendiri.

Penyakit autoimun bukanlah nama penyakitnya tapi adalah nama 'payung' dari berbagai jenis penyakit. Ada lebih dari 100 jenis penyakit autoimun, diantaranya Lupus (Systemic Lupus Erythematosus), Hashimoto's disease, Rheumatoid Arhtritis, Sjögren's syndrome, dan lainnya.
 

- Dokter Dinis -

 





SSN Logo
Dokter Dinis
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...