Apa itu Myasthenia Gravis ?

By. dokter dinis - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

Myasthenia Gravis

 

Dari namanya dalam bahasa yunani dan latin Myasthenia gravis diartikan sebagai kelemahan otot dan serius. Dan memang itulah Myasthenia gravis yaitu suatu penyakit autoimun yang karateristiknya adalah kelemahan otot yang perlu dianggap serius. Agar otot dapat digerakkan, otot butuh stimulasi dari saraf.

 

Komunikasi antara saraf dan otot untuk stimulasi tersebut melalui molekul yang dilepaskan ujung-ujung saraf motorik (neurotransmitter) dan ditangkap oleh otot. Pada otot terdapat yang dinamakan reseptor yang akan menangkap neurotransmitter tersebut sehingga stimulasi berjalan. Neurotransmitternya adalah acetylcholine (ACh) dan receptornya adalah nicotinic acetylcholine receptor (nAChR). 

 

Yang terjadi pada Myasthenia gravis adalah sistem imun yang menyerang nAChR sehingga stimulasi kurang. Kelemahan otot yang terjadi bersifat fluktuatif yaitu bahwa setelah beraktifitas otot akan semakin lemah namun kelemahan tersebut akan berkurang setelah istirahat, makanya akan terasa lebih kuat di pagi hari dan lemah di malam hari. Karena hanya menyerang stimulasi untuk gerak maka kelemahan ototnya tidak disertai gejala nyeri otot.

 

File:Congenitalptosis.JPG

 

Myasthenia gravis bisa mempengaruhi otot manapun yang dapat penyandang gerakkan secara sukarela. Penyakit ini bisa ringan hingga fatal. Biasanya yang mulanya terkena adalah otot mata dan kelopak mata, sehingga memberikan gejala penglihatan ganda (diplopia) dan kelopak mata jatuh seperti orang ngantuk (ptosis). Sebagian kecil penyandang hanya sebatas di mata saja yang dinamakan Ocular myasthenia, namun sisanya kemudian berkembang lebih umum dan menyerang otot-otot lainnya.

 

Jika ini terjadi gejalanya bervariasi tergantung otot mana saja yang terkena. Bisa kena otot menelan sehingga sulit menelan, atau otot kaki sehingga sulit berjalan hingga otot pernafasan hingga sulit bernafas. Kondisi fatal adalah jika terjadi Myasthenic crisis dimana penyandang jadi sangat sulit bernafas dan/atau menelan.

 

Terapi yang diberikan umumnya adalah selain obat penekan imun juga obat acetylcholinerase inhibitor untuk mencegah penghancuran ACh sehingga menumpuk untuk menempel pada nAChR. Tumor pada thymus atau dikenal dengan Thymoma sering dihubungkan dengan Myasthenia gravis. Thymus adalah organ yang merupakan bagian dari sistem imun.

 

Hidup Normal dengan Myasthenia Gravis, Bagaimana Caranya? - KlikDokter

 

Beberapa penyandang yang mempunyai Thymoma dikatakan dapat bermanfaat dengan dilakukan pengangkatan thymus-nya (thymectomy) bagi Myasthenia gravis-nya. Dokter penyandang yang akan bisa mempertimbangkan hal ini. [image by Andrewya (Own work) [Public domain], via Wikimedia Commons]

 

-- Dokter Dinis --

https://dokterdinis.webplus.id/





SSN Logo
Dokter Dinis
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...