Apa itu Addison's Disease ?

By. dokter dinis - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

Addison's Disease

 

Seperti halnya Grave’s disease dan Hashimoto’s disease yang merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan gangguan hormon dan diberi nama atas ahli yang pertama kali mendeskripsikan penyakitnya, Addison’s disease juga begitu. Akan tetapi, pada Addison’s disease yang diserang oleh sistem imun adalah kelenjar adrenal yang letaknya diatas ginjal yang menghasilkan hormon steroid berupa mineralokortikoid, glukokortikoid serta gonadokortikoid. Pada penyakit ini, terjadi insufisiensi adrenal sehingga produksi hormon steroidnya kurang.

Penyakit ini termasuk jarang, progresifitasnya lambat dan biasanya gejala belum terlalu spesifik seperti nyeri perut, pusing/’keleyengan’ (kepala terasa ringan) atau kelemahan hingga terjadi kerusakan jaringan yang luas. Gejala yang lebih jelas diantaranya badan kurang energi/lemas (fatigue) dan lemah, penurunan berat badan dan nafsu makan, hiperpigmentasi terutama di daerah yang kena matahari tapi juga bisa di daerah yang tidak terkena matahari seperti garis-garis telapak tangan atau gusi, keleyengan atau pusing hingga hampir pingsan atau pingsan karena tekanan darah rendah yang lebih terasa ketika berdiri atau duduk, mual muntah, gangguan emosional, hipoglikemi (gula darah kurang) serta ngidam makanan yang asin.

 

Yang perlu menjadi perhatian karena dapat membahayakan nyawa adalah Addisonian crisis, yaitu kegawatdaruratan yang terjadi ketika kadar hormon steroid di dalam tubuh menjadi sangat kurang padahal sedang dibutuhkan untuk menghadapi suatu stress seperti infeksi atau operasi. Serangan ini menyebabkan nyeri menjalar mendadak di perut, kaki atau punggung bagian bawah, muntah dan diare yang diikuti dengan dehidrasi, hilang kesadaran hingga koma, tekanan darah rendah atau syok. Tidak jarang penderita baru mengetahui mengidap penyakit ini setelah terkena serangan krisis ini.

 

Selain serangan ini, gula darah juga perlu dipantau jika sering mendapat serangan hipoglikemi karena serangan hipoglikemi yang berat adalah kegawatdaruratan karena dapat membahayakan nyawa. Serangan hipoglikemi ditandai dengan rasa lemas, pusing, lapar dan gemetar, jika sudah berat bisa kehilangan kesadaran. Pola makan perlu sangat diperhatikan dan diatur pada penderita tersebut untuk mencegah serangan hipoglikeminya. Addisonian adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada penderita Addison’s disease.

 

Penanganan untuk penderita Addison’s disease adalah dengan terapi hormon untuk mengganti hormon steroid yang kurang. Di negara berkembang, penderita Addison’s disease umumnya membawa sebuah kartu identifikasi Addisonian yang memberikan instruksi jika terjadi Addisonian crisis sedangkan pasiennya tidak sadarkan diri agar nyawanya dapat terselamatkan.

 

--Dokter Dinis --
https://dokterdinis.webplus.id/

 





SSN Logo
Dokter Dinis
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...