Apa itu Celiac Disease ?

By. dokter dinis - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

CELIAC DISEASE

Celiac disease adalah penyakit autoimun yang menyerang jaringan usus halus sebagai respon dari intoleransi terhadap produk gluten yaitu sebuah substansi yang terkandung dalam gandum. Semakin lama, kerusakan jaringan yang ditimbulkan dapat menyebabkan gangguan absorpsi (malabsorpsi) sehingga penderitanya menjadi tidak mendapatkan gizi yang cukup.

 

Hal ini bisa berdampak kepada organ-organ tubuh lainnya karena tidak cukup mendapat gizi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Pada anak-anak, hal ini bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Gejala yang ditimbulkan diantaranya penurunan berat badan, nyeri perut, kembung, diare, pusing atau sakit kepala dan fatigue, baal atau kesemutan, serta tenggorokan rasa terbakar. Anemia sering terjadi pada penyakit ini karena kekurangan zat besi.

Celiac Disease - Northern Virginia Gastroenterology

Penanganan penyakit ini adalah dengan menghindari substansi yang menyebabkan intoleransinya. Penyandang perlu mempelajari bahan makanan mana yang mengandung gluten serta menghindarinya. Suatu kondisi yang lebih berat dinamakan

 

Refractory celiac disease, yaitu suatu kondisi ganas dari Celiac disease dimana dikatakan merupakan sebuah kanker. Pada kondisi ini, meskipun telah dilakukan diet ketat tanpa gluten tetap saja gejalanya tidak membaik sehingga penanganannya adalah dengan pemberian obat-obatan penekan sistem imun serta memastikan nutrisi tercukupi. Pada kasus yang lebih berat, pemberian nutrisi harus diberikan melalui infus.

 

- Dokter Dinis -
https://dokterdinis.webplus.id/





SSN Logo
Dokter Dinis
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...