Apa obat Autoimun ?

By. dokter dinis - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

Dalam perkembangan dunia medis barat, belum didapatkan obat yang dikatakan dapat menyembuhkan semua penyakit autoimun, namun penelitian terus dikembangkan untuk itu. Meskipun begitu, penyakit-penyakit ini dapat dikontrol dengan obat-obatan yang ada, di non-aktifkan, ‘di buat tidur’ yang disebut penyakitnya remisi.

 

Jika remisi bisa dicapai maka progesifitas penyakitnya dapat ditekan atau dilambatkan. Pencapaian remisi ini tidaklah mudah. Penanganan untuk penyakit autoimun adalah tergantung dari masing-masing jenisnya.

 

Penyakit autoimun ada yang akut yaitu muncul mendadak, bersifat sementara namun umumnya membutuhkan penanganan segera untuk mengatasi kegawatdaruratannya, lalu ada yang kronik yaitu bersifat lama di idap karena sulit atau belum dapat disembuhkan.

 

Kebanyakan penyakit autoimun adalah penyakit kronik yang menurut teori medis belum dapat disembuhkan. Tiga penanganan utama penyakit autoimun diantaranya adalah untuk mengatasi gejala atau disebut simtomatik, untuk mengganti zat esensial yang sudah tidak bisa lagi cukup diproduksi tubuh atau mempertahankan fungsi sistem organ, serta untuk menekan sistem imun penyandangnya.

 

Penyakit autoimun dapat sebatas jaringan pada suatu organ tertentu (organ spesifik) atau jaringan pada beberapa bagian tubuh (sistemik). Tidak jarang seseorang mengidap lebih dari satu penyakit autoimun sehingga membuat kondisi orang tersebut lebih kompleks. Penyakit autoimun dapat terjadi pada semua individu di usia berapapun meskipun umumnya lebih sering pada usia produktif serta lebih sering pada wanita daripada pria.

 

- Dokter Dinis -





SSN Logo
Dokter Dinis
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...