Apa itu Grave's Disease ?

By. dokter dinis - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

Grave's Disease

Ini adalah penyakit autoimun yang menyerang kelenjar tiroid (gondok) yaitu kelenjar di leher yang menghasilkan hormon tiroid. Pada umumnya hormon berfungsi sebagai regulator homeostasis (keseimbangan) untuk metabolisme, mood, atau lainnya. Grave’s disease menyebabkan kelenjar tiroid menjadi terlampau aktif (hipertiroid) sehingga menghasilkan hormon tiroid lebih dari yang dibutuhkan.

Gejala Grave's Disease

Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah jantung berdebar-debar (palpitasi), penurunan berat badan meskipun nafsu makan tetap atau bahkan meningkat, mata menonjol, tangan gemetar (tremor), sulit tidur (insomnia), intoleransi terhadap panas, mudah emosi, gangguan emosional, dan kegelisahan. Karena peningkatan keaktifan kelenjar ini, maka ukurannya pun membesar sehingga dapat terlihat atau diraba sebagai benjolan di leher.

 

Penanganan Grave's Disease

Penanganan penyakit ini adalah dengan menekan keaktifan kelenjar tiroid untuk mengurangi produksi hormon tiroid. Hal ini dapat dilakukan dengan pengobatan antitiroid, radioiodine atau pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid (tiroidektomi). Mata sebaiknya mendapatkan perhatian khusus oleh penderita Grave’s disease karena dampak penyakitnya kepada mata dapat besar.

 

Kondisi yang meski jarang tapi perlu diketahui dan disadari dapat terjadi pada hipertiroid yang tidak dikontrol dengan baik adalah Thyrotoxic crisis (Thyroid storm), yaitu suatu kegawatdaruratan yang terjadi akibat peningkatan hormon tiroid secara mendadak dan drastis. Serangan ini dapat ditandai dengan penurunan kesadaran, demam, irama jantung tidak teratur, tekanan darah sangat rendah, dapat hingga koma. Maka adalah penting sekali untuk mengontrol kadar hormon tiroidnya. [image by Jonathan Trobe, M.D. – University of Michigan Kellogg Eye Center (The Eyes Have It) [CC-BY-3.0 (https://creativecommons.org/licenses/by/3.0)%5D, via Wikimedia Commons]

 

-- Dokter Dinis --
(https://dokterdinis.webplus.id/)





SSN Logo
Dokter Dinis
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...