Apa itu Psoriasis?

By. dokter dinis - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

PSORIASIS

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit. Penyakit ini mempengaruhi siklus sel kulit hingga sel kulit baru menjadi dewasa terlalu cepat padahal sel-sel yang sudah tua tidak bisa mengikuti kecepatannya untuk gugur sehingga menyebabkan terjadi penimbunan sel-sel di permukaan kulit. Terdapat lima tipe berdasarkan bentuknya, yaitu plaque, guttate, inverse, pustular, and erythrodermic.

 

Tipe yang paling umum adalah psoriasis plak (plaque) atau disebut juga psoriasis vulgaris yang terlihat sebagai bercak merah yang berlapis putih-keperakan jadi bersisik. Plak tersebut dapat muncul diantaranya di siku, lutut, kulit kepala (seperti ketombe), atau punggung. Plak tersebut dapat sebagai bercak-bercak kecil namun kemudian dapat menyatu membentuk plak yang lebih besar hingga ke seluruh tubuh.

 

Penyebaran psoriasis diungkapkan dapat mengikuti Koebner phenomenon, yaitu dimana jika plak di garuk atau terjadi luka linier dari plak akan terjadi penyebaran mengikuti garis linier tersebut hingga memicu terjadi penyebaran lebih luas lagi. 

 

Selain ke kulit, penyakit ini juga tidak jarang menyerang kuku kedua tangan dan kaki (Psoriatic nail dystrophy) yang umumnya menjadi cekung. Selain terlihat, penyakit ini juga bisa membuat penyandang merasa gatal-gatal meskipun pada beberapa kasus tidak terlihat kelainan pada kulit sama sekali hanya terasa gatal-gatal. 

 

Peradangan akibat serangan sel-sel imun selain di kulit juga dapat terjadi di sendi-sendi yang dikenal dengan Psoriatic arthritis sehingga selain psoriasisnya penderita juga akan merasakan gejala-gejala radang sendi seperti nyeri dan kaku sendi. [image by Eisfelder at de.wikipedia [GFDL (https://www.gnu.org/copyleft/fdl.html) or CC-BY-SA-3.0 (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/)%5D, from Wikimedia Commons]

 

Seperti Alopecia areata, Psoriasis sering dihubungkan dengan stress selain daripada faktor pemicu lainnya. Hubungan antara Psoriasis dan stress lebih banyak penelitiannya meskipun belum jelas bagaimana/seperti apa hubungannya, namun penyandangnya sering disarankan untuk manajemen stress.

 

Penanganan untuk Psoriasis adalah umumnya dengan obat penekan sistem imun baik obat luar atau obat minum/injeksi tergantung dari masing-masing kasus. Lapisan atas plak-nya sensitif maka perlu diperhatikan untuk berhati-hati dalam melepaskan sisiknya, yaitu bisa dengan menggunakan pelembab atau bath oils supaya tidak membuat luka pada plak-nya.

 

Ada juga penggunaan phototherapy pada beberapa kasus, yaitu dengan menggunakan sinar ultraviolet. Yang perlu juga menjadi perhatian penyandang adalah kadar kolesterol darah karena kadar yang tinggi sering dikaitkan dengan Psoriasis.

 

Suatu kondisi yang perlu menjadi perhatian meskipun sangat jarang adalah Generalized Pustular Psoriasis (GPP) yang merupakan kegawatdaruratan medis dimana pada seluruh tubuhnya berupa kulit melepuh dan plak dalam. Penyandang perlu segera dibawa ke unit intensif luka bakar untuk segera di tangani karena dapat kehilangan banyak cairan sehingga menjadi dehidrasi berat. Serangan akut ini diduga dipicu oleh beberapa jenis obat, infeksi serta kehamilan.

 

Yang sering salah dipersepsi adalah bahwa psoriasis disangka hanya merupakan penyakit kulit, padahal psoriasis termasuk ke dalam penyakit autoimun sistemik.

 

- Dokter Dinis -





SSN Logo
Dokter Dinis
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...