Apa itu Alopecia ?

By. dokter dinis - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

Pada penyakit ini, sistem imun penyandang menyerang folikel-folikel rambut yaitu struktur tempat tumbuhnya rambut.Hal ini menyebabkan kerontokan rambut sehingga menimbulkan daerah-daerah botak mulus pada kepala atau bagian tubuh berambut lainnya. Daerah botaknya bisa kecil atau luas hingga menyebabkan botak total atau seluruh tubuh.

 

Selain kerontokan rambut, penyandang dapat merasakan gejala gatal-gatal atau rasa terbakar pada kulit. Selain itu penyakit ini dapat bermanifestasi ke kuku berupa cekung atau permukaan kasar. Umumnya penyakit ini dihubungkan dengan stress sebagai pemicunya, maka sering penderitanya disarankan untuk manajemen stress meskipun hal ini masih diperdebatkan.

 

Pengobatan yang dapat diberikan pada penyandang ini adalah dengan terapi untuk menekan sistem imun. Jika daerah botaknya kecil dapat secara spontan membaik sendiri. Penyakit ini tidak membahayakan nyawa namun dapat memberikan beban psikologis pada penyandang karena mengubah penampilan penyandang tidak sesuai dengan kehendaknya.

 

-- Dokter Dinis --





SSN Logo
Dokter Dinis
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...