Apa penyebab Autoimun ?

By. dokter dinis - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

Penyebab autoimun

Penyebab terjadinya kesilapan tersebut hingga saat ini belum diketahui meskipun beberapa teori telah diutarakan. Teori yang cukup sering diungkapkan adalah virus sebagai pemicu pada individu yang rentan secara genetik. Hal ini bukan berarti penyakit autoimun adalah penyakit menular karena bukan virusnya yang menyerang dan menjadikan penyakit tapi memicu sistem imun menyerang sehingga menjadi penyakit.

 

Kelainan genetik telah banyak dibuktikan terkait dengan penyakit autoimun, namun umumnya menyebabkan kerentanan seseorang terkena penyakit autoimun, sebagai faktor risiko dan bukan sebagai pemicu. Adanya riwayat keluarga dengan penyakit autoimun bisa membantu mendukung diagnosis penyakit autoimun pada seorang individu yang dicurigai menderita penyakit autoimun meskipun tidak sama jenisnya.

 

Seringkali ada salah pemahaman bahwa pada penyandang autoimun sistem imun tubuhnya tidak lagi menyerang ‘musuh asing’ seperti virus atau bakteri, hal ini saya coba luruskan bahwa sistem imun tubuh penyandangnya masih menyerang musuh-musuh asing tersebut namun karena error juga menyerang diri sendiri dimana seharusnya tidak. Namun ketika aktifitas penyakitnya sedang tinggi, sistem kekebalan tubuhnya bisa lebih fokus menyerang tubuh daripada ancaman dari luar seperti bakteri/virus. Yang juga bisa membuat seorang penyandang rentan terkena infeksi adalah karena obat-obatan yang dikonsumsinya yang umumnya bersifat menekan imunitas.

 

- Dokter Dinis -





SSN Logo
Dokter Dinis
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...